Tuesday, March 22, 2016

Tempat-tempat wisata yang menarik di kota palembang

Asalamualaikum sobat lantera hati~ghadin inton, senang sekali rasa nya bisa berbagi dengan anda apalagi kali ini saya akan berbagi artikel tentang tempat-tempat wisata yang ada di palembang karena palembang adalah kota kelahiran ku makanya saya merasa bangga dan senang menulis artikel ini..hheee..
Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan.
Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

Palembang mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah serta wisata alam yang sangat elok, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 28 daftar Tempat Wisata Terbaik di Palembang yang saya kutip dari aneka wisata bahari yang bisa anda kunjungi :
1. Gunung Dempo


Gunung Dempo adalah sebuah gunung yang mempunyai ketinggian hingga 3,195 meter, dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit hutan Montane serta Hutan Ericaceous atau yang disebut hutan gunung. Gunung ini terletak pada perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. Untuk bisa mencapai desa terdekat, Anda harus terlebih dahulu mencapai kota Pagar Alam, lebih kurang 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari Palembang tersedia banyak bus yang menuju arah Pagar Alam, salah satunya bus Dharma Karya.
2. Pulau Kemaro


Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Di sini juga dapat ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai cerita tersendiri, yaitu dia menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun pada akhirnya pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.
3. Air Terjun Bidadari


Air Terjun Bidadari bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata Anda yang mungkin Anda akan berkunjung ke Kab. Lahat. Air Terjun Bidadari memiliki keunikan dan keindahan yang akan membuat Anda kagum dan tidak bosan menikmati wisata alam ini. Cobalah untuk berwisata ke pedalaman di Sumatera Selatan, karena di sini banyak hal-hal menarik yang dapat anda temui.
4. Air Terjun Lematang Indah


Terletak di kota Pagar Alam, Air Terjun Lematang Indah adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal, dalam kategori wisata alam. Air Terjun Lematang Indah mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, tidak terlalu tinggi, namun mempunyai lingkungan sekitar yang asri sehingga sangat menyejukan mata pengunjung. Perjalanan menuju Air Terjun Lematang Indah akan menyuguhkan Anda pemandangan yang indah, sehingga Anda tidak akan bosan di perjalanan. Bila Anda datang berkunjung pada musim hujan, berhati-hatilah karena tangga yang ada di Air Terjun Lematang Indah dapat menjadi sangat licin bila terkena hujan. Harga tiket masuk Air Terjun Lematang Indah adalah 4,000 Rupiah per orang.
5. Air Terjun Curup Maung


Curup maung pagaralam merupakan air terjun yang belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat kota pagaralam, hal ini dikarenakan jalan yang harus ditempuh untuk menuju curup maung bisa dibilang saat jauh. Curup maung adalah air terjun yang termasuk air terjun yang bagus dan indah pemandangannya, dengan air yang berjatuhan seperti embun yang tidak membahayakan jika ingin mandi di curup maung. namun lokasi curup maung yang jauh menjadikan curup maung belum terlalu ramai pengunjung meskipun beberapa bulan kebelakang sudah ada beberapa pengunjung mulai berdatangan. Curup maung sendiri baru dikenal banyak masyarakat kota pagaralam baru ditahun 2014 ini.
6. Arung Jeram Sungai Manna


Arung Jeram Sungai Manna merupakan tempat wisata yang menawarkan tantangan arung jeram dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Sungai manna terletak di Kecamatan Tanjungsakti, sekitar 40 km dari kota Pagaralam. Sungai ini cukup lebar pada bagian awalnya, sedangkan 15 Km berikutnya jalur sungainya sempit, arusnya pun juga cukup deras dan bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi Anda yang menggemari olah raga ini. Jalur sungai yang begitu jeram dengan dinding batuan padas pada pinggiran sungai, ditambah arus yang membentuk cekungan dan juga arus memutar. Dari kanan kiri terlihat tebing-tebing yang menawarkan pemandangan alam hutan hujan tropis.
7. Wisata Danau Ranau


Wisata Danau Ranau cukup menarik untuk di kunjungi, karena kawasan ini masih asri serta jauh dari polusi. Wisata danau Ranau terletak di Kampung Lombok, Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat. Danau ini diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Lam-bar, yang dilengkapi dengan fasilitas Hotel bertaraf Bintang 3 berfasilitas lengkap. cocok untuk tempat wisata keluarga besar anda.
8. Bukit Siguntang



Bukit Siguntang merupakan sebuah tempat bersejarah Kota Palembang. Bukit Siguntang begitu rimbun dan asri dan merupakan titik tertinggi di Kota Palembang yang menyimpan banyak cerita dan misteri. Sepanjang mata memandang hanya terlihat sejumlah pohon rindang, kursi dan gazebo yang dibangun di sekeliling Bukit Siguntang. Kesan angker akan terasa saat menuju ke puncak bukit karena Anda akan melihat sebuah makam pertama (makam dari Panglima Tuan DjungDjungan) dari 7 makam yang terdapat di bukit ini,
9. Hutan Wisata Punti Kayu


Hutan Wisata Punti Kayu terletak lebih kurang 7 km dari pusat kota dan ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1998, dan dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan. Hutan Wisata dengan luas 50 ini juga terdapat sebuah area rekreasi keluarga serta menjadi tempat hunian monyet lokal. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran pada akhir pekan. Di sini anak-anak juga bisa bermain menaiki gajah, melihat kebun binatang mini, mandi di kolam renang, atau sekedar duduk bersantai di antara pepohonan pinus. Yang lebih mengasyikkan, acapkali diadakan hiburan yang dimeriahkan oleh artis lokal maupun luar kota.
10. Goa Putri


Goa Putri berlokasi di Desa Padang Bindu. Untuk dapat mencapai lokasi Goa Putri dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari kota Palembang. Dengan rincian perjalanan sekitar 5 jam ke Baturaja dan 1 jam menuju arah Goa Putri. Mengenai tarif transportasi cukup terjangkau. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang gemar berkunjung di tempat wisata ini
11. Benteng Kuto Besak


Benteng Kuto Besak merupakan bangunan peninggalan kerajaan yang menjadi salah satu tempat wisata Kota Palembang, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak dibangun pada tahun 1776-1803 Masehi pada saat pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin. Usia bagunan ini mencapai ratusan tahun, sehingga membuat tempat wisata ini menjadi sangat menarik dengan nilai sejarah yang tinggi. kemegahannya masih terlihat dari benteng dengan tinggi mencapai 9,9 meter, panjang 288,75 meter dan lebar 183,75 meter. Apalagi tebalnya mencapai 1,99 meter. Di setiap sudut benteng ini terdapat benteng pertahanan, salah satunya yang ada di sebelah barat laut, memiliki ukuran lebih besar dari ketiga benteng pertahanan lainnya.
12. Candi Bumi Ayu


Candi Bumi Ayu merupakan candi peninggalan Hindu dari aliran Siwa yang terkenal dengan situs candi-candinya. Hasil penggalian dari para arkeolog, komplek daripada Candi Bumi Ayu merupakan candi Hindu terbesar di luar Jawa, dari penemuan tersebut juga disimpulkan bahwa candi-candi ini adalah tiruan Candi Prambanan yang ada di Jawa Tengah. Tempat Wisata Candi ini terletak di Desa Bumiayu, Kec. Tanah Abang, Muara Enim.
13. Taman Kambang Iwak


Taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, Taman Kambang Iwak digunakan untuk tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar Taman Kambang Iwak. Sekarang ini, Taman Kambang Iwak adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang sangat disukai. Banyak orang berlari pagi di taman ini, mengelilingi kolam dengan panjang lebih dari 800 meter. Selain memiliki berbagai fasilitas permainan, tempat ini juga mempunyai banyak restoran yang cocok untuk berkumpul anak muda.
14. Monumen Perjuangan Rakyat


Monpera yang merupakan monumen yang di dalamnya terdapat Museum tentang seluk beluk Palembang juga menarik untuk dikunjungi. Selain murah, objek wisata Monpera juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Monpera berlokias di Jl, Merdeka Palembang, dekat dengan Masjid Agung Palembang. Hal yang bisa dilihat di Museum Monpera seperti koleksi mata uang Indonesia (Rupiah) dari zaman Soekarno hingga sekarang, photo pahlawan Palembang, senjata, baju dan peninggalan lain yang berhubungan dengan sejarah Palembang.
15. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya


Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya-Palembang Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya(TPKS)-Tampak indah dan asri yang didominasi oleh beberapa bangunan dan jembatan yang menghiasi taman ini. Tetapi taman ini, tak hanya sekedar taman biasa, melainkan menyimpan banyak kisah sejarahnya. TPKS merupakan sebuah situs purbakala dimana banyak ditemukan beberapa peninggalan dari kerajaan Sriwijaya, sehingga tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata sejarah di Palembang. TPKS ini, juga popular disebut Situs Karang Anyar, karena lokasinya yang bertempat di Kelurahan Karang Anyar. Lokasi dan Akomodasi Bertempat agak di pinggiran kota Palembang, tepatnya di Jalan Syahkakirti, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus. Walaupun berada di pinggiran kota, tidak sulit untuk mencapainya walaupun dengan kendaraan umum
16. Museum Negeri Balaputradewa


Museum Negeri Sumatera Selatan yang dulu dikenal dengan Museum Balaputra Dewa merupakan museum yang dibangun pada tahun 1978 dan diresmikan pada 5 November 1984. Museum ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumatera Selatan. Musem Negeri Sumatera Selatan ini dibangun dengan arsitektur tradisional Palembang pada area seluas 23.565 meter persegi. Di museum ini terdapat sekitar 3.800 koleksi, terdiri berbagai macam jenis koleksi yang diklasifikasikan menjadi 10 jenis, di antaranya Geologika, Biologika, barang-barang tradisional Palembang, ofset binatang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan dan beberapa miniatur rumah di pedalaman. Terdapat pula replika prasasti dari arca kuno yang pernah ditemukan di Bukit Siguntang.
17. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II


Museum Sultan Mahmud Badaruddin II - Palembang Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, merupakan sebuah museum yang berlokasi tepat di tepi sungai Musi, Museum ini memamerkan berbagai koleksi mulai dari arkeologi, etnografi, biologi, seni dan terutama pengumpulan mata uang, studi atau koleksi mata uang. Di museum ini, Anda bisa menemukan replika sisa sejarah dari koleksi foto dari prasasti diantaranya Kedukan Bukit, patung-patung Buddha dan Ganesha Amarawati, serta peninggalan lainnya termasuk dari era Sriwijaya.
18. Jembatan Ampera


Sungai Musi yang merupakan salah satu sungai paling panjang di Indonesia. Kehidupan masyarakat sekitar tergambar di sungai Musi. Di atas sungai Musi membentang Jembatan Ampera yang begitu di kenal. Pada salah satu pinggiran sungai, terdapat Benteng Kuto Besak yakni salah satu tempat wisata sejarah. Apabila mnyusuri sungai Musi, terasa kurang jika tidak mampir ke Pulau Kemaro, yang merupakan delta sungai Musi. Pulau ini memiliki sejarah dan kisah yang legendaris.
19. Sungai Musi


Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 KM. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi 2 bagian dan dulunya merupakan sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi terdapat beberapa obyek wisata, di antaranya restoran terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak. Menurut saya, Sungai Musi adalah tempat yang pas untuk berwisata kuliner di kota Palembang.
20. Sungai Gerong


Sungai Gerong terletak di tepian Sungai Musi. Dari pusat Kota Palembang, tempat tersebut dapat dicapai melalui jalan darat melalui wilayah Plaju dan wilayah Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin. Kondisi jalan dari Kota Palembang ke Sungai Gerong relatif baik. Dari pusat kota, paling lama 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi sudah dapat mencapai tempat tersebut. Kawasan itu identik dengan Pertamina, khususnya pengolahan minyak. Kawasan Sungai Gerong sudah dapat terlihat dari jembatan di atas Sungai Komering, menghubungkan antara Palembang-Plaju dengan kawasan Sungai Gerong. Dari atas jembatan sudah dapat disaksikan tempat tersebut merupakan kawasan industri minyak. Cerobong kilang ciri khas industri pengilangan minyak sudah dapat disaksikan.
21. Rumah Limas



Rumah Limas merupakan sebuah rumah tradisional khas Sumatera Selatan dengan segi arsitektur berbentuk panggung dan berbahan kayu, biasanya disebut juga rumah limas karena atapnya memiliki bentuk yang berupa limasan. Bangunannya bertingkat-tingkat dan memiliki filosofi budaya tersendiri pada setiap tingkatnya, masyarakat menyebut tingkat-tingkat ini sebagai bengkilas. Rumah Limas begitu luas dan seringkali di pakai untuk tempat hajatan atau acara adat. Luas rumah limas dari 400 sampai 1000 meter persegi. Bahan beberapa material lantai, dinding, serta pintu menggunakan bahan dari kayu tembesu.
22. Museum Tekstil


Museum Tekstil Museum Tekstil Palembang-adalah museum yang menampung kira-kira 500 macam barang yang menjadi koleksi bersejarah. Museum ini berada di tengah kota Palembang, jelasnya berada tepat di Jalan Diponegoro. Museum ini jarang di kunjungi oleh masyarakat, karena mungkin kurangnya antusias masyarakat, terutama kaum mudanya untuk tertarik akan sejarah. Museum teksil Palembang ini terletak tidak jauh berada dari Kambang iwak yang sering di jadikan tempat nongkrong untuk anak-anak maupun sebagai tempat jogging.
23. Kampung Kapitan Di Palembang


Anda mau mencoba nikmatnya sajian kuliner aneka seafood kualitas premium? Kampung Kapitan tempatnya, anda bisa menikmati kuliner baik lokal maupun impor, yang disajikan oleh Chef berpengalaman hotel bintang lima. Tempat makannya sangat nyaman sekali. Tersedia dua alternatif untuk dapat mencapai lokasi, dapat menempuh jalan darat atau melintas melewati Sungai Musi dengan berkendara menggunakan kapal sambil menikmati gemerlap lampu dari Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.
24. Kawah Tengkurep


Kawah Tengkurep Kawah Tengkurep-adalah sebuah komplek pemakaman yang menjadi salah satu tempat objek wisata. Mungkin anda bingung kenapa bisa seperti itu, jangan heran itu semua dikarenakan banyak sekali manfaat dan wawasan tentang ilmu sejarah yang bisa kita dapatkan. Orang-orang yang datang berkunjung ke area pemakaman Kawah Tengkurep ini tidak hanya orang-orang dewasa saja, anak-anak sekolah dan para mahasiswa pun sering berdatangan ke pemakaman Kawah Tengkurep ini, sebagian dari mereka pun mengatakan bahwa mereka sengaja datang kemari untuk mencari tahu tentang sejarah kesultanan kota Palembang, dan juga sejarah mengenai kisah hidup sang sultan dari kuncen-kuncen yang menjaga makam sultan dan keluarganya tersebut.
25. Pusat Kerajinan Songket


Sentra Kerajinan Tenun Songket-Palembang Kain Songket-sebuah kain mewah kebanggan wong kito. Kain ini merupakan percampuran antara beberapa budaya, di antaranya India, Cina dan arab. Kain ini sudah ada sejak Kesultanan Palembang Darussalam dan menjadi pakaian kebanggan. Kebanyakan dari masyarakat yang mendiami wilayah yang lebih dikenal dengan suro ini, merupakan keturunan dari pengrajin songket yang juga memiliki keahlian untuk membuat songket secara turun temurun itu. Lokasi dan Akomodasi Lokasi dari sentra kerajinan tenun songket ini terletak di kelurahan 30 ilir, kecamatan ilir barat II Palembang.
26. Waterboom OPI Jakabaring


Tempat rekreasi keluarga wahana air Ogan Permata Indah (OPI). Wahana air yang menempati lahan seluas sekitar 3 hektare ini mulai hari kedua libur lebaran tampak dipadati pengunjung, karena selain wahana bermain air ini memang menjadi favorit bagi warga Sumsel, tempat bermainnya seru. OPI Water Fun, Palembang ini lokasinya agak menjorok kedalam, tepatnya berada di jalan Gubernur H. A. Bastari, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Untuk menuju lokasi sampai saat ini belum ada kendaraan angkot dan bus kota yang bisa mengantar pengunjung ke lokasi, kebanyakan wisatawan yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga di OPI Water Fun, Palembang membawa kendaraan pribadi berupa roda dua dan roda empat, atau menyewa taksi.
27. The Amanzi Waterpark CitraGrand City


Amanzi Water Park-Palembang Amanzi Water Park-dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar, merupakan wahana wisata air terbesar di kota Palembang. Lokasinya berada di dalam perumahan Citra Grand City yang berlokasi, di daerah Talang Kelapa, Palembang. Walaupun tergolong baru, tetapi dalam segi keamanan, sudah memenuhi standard. Wisata air ini mengambil tema layaknya di hutan, jadi anda akan melihat berbagai arsitektur benda-benda yang ada di hutan. Lokasi dan Akomodasi Amanzi Water Park berlokasi di dalam Perumahan Citra Grand City, tepatnya di Copacabana Lifestyle Center. Untuk menuju tempat ini, tidak begitu banyak angkutan umum yang bisa anda pakai.
28. Fantasy Island


Fantasy Island-Palembang Fantasy Island-adalah salah satu tempat wisata rekreasi wahana air yang banyak di kunjungi oleh masyarakarat kota Palembang. Jangan bosan untuk melihat objek-objek wisata yang ada di kota Wong kito galo ini, tidak bisa di pungkiri lagi bahwa Palembang memiliki sejuta pesona yang tidak kalah bagusnya dari kota-kota besar lainnya. Tempat ini terletak di Jalan Sriwijaya ( Pertengahan antara kota Palembang dan Inderalaya) KM 13 Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati. Meski tidak terlalu besar, tempat rekreasi Fantasy island ini sering di kunjungi oleh para masyarakat yang pergi berlibur atau pun hanya sekedar untuk refresing saja.
Demikian 28 tempat tempat wisata yang ada di kota palembang semoga bermanfaat buat anda yang mau berlibur ke kota palembang.

wassalam
Ghadin Inton
Share:

1 komentar:

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.