Wednesday, March 30, 2016

tutorial Lengkap Cara mudah membuat blog/website gratis di blogger

Assalamualaikum.wr.wb Lantera hati ghadin inton ucapkan selamat datang buat anda blogger pemula, tutorial ini mungkin bagi yang sudah paham dan pintar ngeblog sudah biasa, namun bagi pendatang baru atau pemula tentu sangat penting dan bermanfaat. di sini saya mencoba berbagi artikel tentang cara membuat blog/website di blogger dari pengalaman saya yang kurang lebih empat tahun mengenal blog.

Sebenarnya banyak tutorial dan panduan membuat blog di internet yang telah di bahas oleh teman teman blogger,seperti contohnya tutorial mas sugeng yang membahas tentang panduan membuat blog lengkap sampai menghasil kan uang. tapi ya rasanya merasa berdosa kalau saya pun tidak punya andil untuk berbagi dengan teman teman pemula pendatang baru yang ingin membuat blog/website.
Tapi sebelum kita melanjutkan membahas tutorial inti cara mudah membuat blog/website gratis alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan blog/website dan fungsinnya

APA ITU BLOG/WEBSITE ?

Blog/website adalah sebuah apikasi web yang terdiri dari beberapa halaman yang terdapat tulisan, gambar, vidio pribadi secara online yang selalu diperbarui. Ini adalah tempat untuk mengekspresikan diri kepada dunia. Sebuah tempat untuk berbagi pikiran dan gairah hidup Anda. Anda bisa menulis apapun yang Anda inginkan.Blog juga bisa dikatakan sebagai situs pribadi Anda yang bisa Anda perbarui kapunpun Anda mau. Tidak ada batasan apapun kecuali Anda melanggar TOS pemilik platform blog tersebut.

Contoh jenis blog/website yang ada di internet adalah:

1.Portal berita contohnya: detik.com, kompas.com, viva.com..dll.
2.Sosial Media contohnya: facebook.com. twitter.com, instagram.com.dll.
3.Search Engine contohnya: google.com, yahoo.com, dll.
4.Forum contohnya: kaskus.co.id, ads.id, dll.
5.Toko Online contohnya: tokopedia.com, lazada.co.id, dll.
6.Blog saya contohnya: waingepah.blogspot.com (Lantera Hati~Ghadin Inton)
    DLL.......

APA ITU PUNGSI DARI BLOG?

Pada awalnya blog di gunakakan sebagai tempat menulis buku diary, Lambat laun blog digunakan untuk berbagi media onlain seperti berita, tutorial dan sebagainya. Dan kini seiring berkembangnya zaman blog digunakan sebagai tempat untuk mengail uang melalui internet.Blog sekarang bukan hanya sekedar tempat berexpresi tapi sudah menjadi pekerjaan rumahan yang akhir akhir ini sangat digandrungi oleh banyak kalangan untuk mencari tambahan uang saku. Selain itu jika blog yang kita kembangkan dengan konsisten tidak besar kemungkinan kita bisa menjadi miliader, tapi baiknya bagi pemula jangan berpikir yang muluk muluk dulu,

Sebelum membuat blog, alangkah baiknya Anda juga membuat logo terlebih dahulu. Mengingat logo itu sangat penting untuk kemajuan blog Anda atau bisnis Anda agar mudah di kenal orang,Jika Anda belum mengetahui apa itu logo? Logo adalah suatu gambar yang memiliki filosofi, konsep, serta tujuan yang mudah di ingat oleh banyak orang. Logo juga bisa diartikan sebagai pembeda atau jati diri.misalnya logo blog saya seperti ini


Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu logo blog, Sekarang saatnya Anda membuat logo sendiri. Jika Anda pandai dalam urusan desain mungkin membuat logo itu mudah, namun jika Anda tidak mengerti sama sekali tentang desain! Anda bisa membuat logo di situs cooltext.com. Disana selain gratis Anda juga bisa membuat favicon secara gratis hanya cukup mendaftar disana.Kelebihan dari situs logo generator lainya.cooltext jauh lebih bagus ketimbang yang lainya. Karena cooltext.com Anda bisa mengedit logo dengan mengubah warna, text dan tata letak. Selain itu Anda bisa mendownload logo dan favicon dengan format PNG, PDF, SVG dan JPG melalui akun Anda.

oya selain logo tersebut, harus diingat sebelum membuat blog, syarat utama membuat blog juga anda harus mempunyai email yang masih aktif. email anda saya sarankan mendaftar dari google mail.saya rasa anda sudah pasti tau cara membuat email. silahkan Masuk Ke SINI  jika anda belum mengerti atau mau bikin email baru.

Mengapa Saya Harus Membuat Blog di Blogger?pertanyaan itu muncul ketika saya ingin membuat blog pribadi saya ini. Kenapa harus membuat blog di blogger padahal ada platform lain penyedia layanan blog gratis selain blogger, seperti WordPress,BlogDetik,Webly xtgem dan banyak situs penyedia lainnya.

Alasan Saya memilih blogger, karena menurut saya banyak kelebihanya di banding situs flatfrom lainnya.

Berikut kelebihan Blogger:

1. blogger itu Milik Google

Blogger.com sering kita kenal sebagai blogspot. Kita tahu Google adalah mesin pencari terbaik di seluruh dunia. Maka, secara tidak langsung blogger itu istimewa, selain itu blogger mudah sekali mendapatkan peringkat baik di mesin pencari. Contoh ketika Anda mencari sesuatu di google dengan mengetikkan kata kunci pasti nomer satu adalah blogspot dansangat jarang sekali ada platform Wordpress di urutan pertama. Iya kan!

2.Blogger itu User Friendly

Nah jika Anda tidak tahu user friendly itu apa? user friendly adalah sesuatu yang mudah digunakan. Inilah salah satu mengapa saya menyarankan Anda untuk membuat blog di blogger, selain gratis, juga mudah untuk digunakan, walaupun Anda seorang pemula.

3.Blogger itu SEO Friendly

SEO friendly adalah ramah dengan mesin pencari atau bisa dibilang sahabat mesin pencari. Blogger itu mudah sekali di optimasi tidak perlu repot download sebuah pluggin Anda hanya perlu memahami coding HTML. Dan jika Anda tidak paham dengan coding HTML, banyak kok penyedia templat SEO frindly yang gratis tanpa Anda harus repot dengan coding HTML.

4.Blogger Bisa di Daftarkan ke Google Adsesnse

Jika Anda membuat blog di WordPres secara gratis, Anda tidak bisa menghasikan uang dari platform tersebut, Anda hanya dieri kesempatan untuk menulis artikel saja kecuali Anda memiliki pengunjung yang banyak untuk dipasangi iklan dan itupun kalau ada yang mau.Tapi blogger BISA mendapatkan uang dengan mudah jika Anda diterima Google Adsense. Ya, walaupun tidak mudah diterima,tapi masih banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari blog gratis seperti blogger.

Lalu Apa Sih Manfaat Sebuah Blog?

Setiap orang memiliki tujuan tersendiri mengapa mereka memulai membuat blog, sama dengan saya dan Anda, kita mempunyai tujuan yang berbeda dengan blog yang sudah kita bangun. Tapi ada kalanya tujuan tersebut tidak bisa kita capai yah mungkin itu belum takdir kita, tapi kita tidak boleh putus asa, walaupun gagal tentu kita juga memiliki manfaat tersebut tak terkecuali pengalaman, Anda pasti tahu kan kekuatan pengalaman itu seperti apa?

Dan berikut manfaat memiliki sebuah blog:

1.Menjadi orang yang lebih baik.

Blogging membantu Anda berpikir lebih jelas, berkomunikasi dengan intensionalitas dan membangun bakat kreatif Anda.

2.Meningkatkan tulisan Anda.

Kemampuan MENULIS dilengkapi dengan latihan yang teratur dan membuat blog akan membantu Anda untuk menulis secara cepat.

3.Membuat suara Anda didengar.

Dari pada Anda melakukan demo, dengan membuat blog Anda bisa menyuarakan anspirasi Anda biar orang banyak bisa mendengarkan Anda!

4.Membuat perbedaan.

Mungkin Anda bebeda dengan orang kebanyakan, orang lebih suka hura hura, tapi Anda membuat blog untuk mengembangkan kreatifitas, itu bagus kan?

5.Bermanfaat Bagi orang Lain.

Tulisan tulisan Anda bisa bermanfaat untuk orang lain yang sedang mencari sesuatu atau solusi yang berhubungan dengan artikel dari posting posting yang anda buat, kalau menurut saya menjadi bermanfaat buat orang lain itu adalah suatu keindahan tersendiri.

6.Menghasilkan uang.

Butuh waktu dan komitmen untuk bisa menghasilkan uang tetapi itu real dan pasti karna sudah banyak yang membuktikan, memang tidak mudah, tapi jika Anda sungguh sungguh tidak besar kemungkinan niscaya semua bisa terwujud

Itu baru sekian banyak manfaat dari membuat blog dan tentu masih banyak lagi manfaat yang dirasakan para blogger lainnya maka Tidak heran jika perkembangan blogger kini makin pesat, karena manfaat tersebut.

Nah sekarang sudah saatnya kita kembali ke topik pembahasan, yaitu bagaimana cara membuat blog gratis /Langkah Mudah Membuat Blog di Blogger(Blogspot)
Untuk memulai menggunakan Blogger, silahkan masuk dengan Akun Google Anda.

Cara Mudah Membuat Blog/website di Blogger
1. Silahkan Anda kunjungi http://blogger.com/

2. Kemudian lihat di kanan bawah, rubah bahasa menjadi bahasa indonesia agar lebih mudah.

3. Masuk/login menggunakan username/nama pengguna serta password gmail anda ( akun email anda bisa juga untuk login ke blogger).rang lain itu adala aknhn

4. Isilah formulir data Anda yang terlampir seperti:*.Nama tampilan : isi dengan nama yang akan ditampilkan pada profile blog anda.*.Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin Anda, misalnya: Pria.*.Penerimaan Persyaratan : Ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak blogger. Sebaiknya baca terlebih dahulu persyaratan dan ketentuan yang diberikan pihak blogger agar Anda mengerti.

5. Klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan”. Kemudian klik "Blog Baru"

6. Selanjutnya isi formulir data blog Anda pada form yang disediakan seperti:
*.Judul : Isi dengan judul blog yang Anda inginkan, misal :Panduan dan Tutorial Blogger
*.Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan.contohnya blog saya http;//waingepah.blogspot.com
*.Template : pilih template (tampilanblog) yang Anda disukai

7. Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”.

8. Sampai tahap ini blog Anda sudah selesai dibuat, namun untuk menghindari anggapan spam oleh google sebaiknya anda mulai membuat artikel, minimal satu postingan.

Untuk membuat postingan/artikel ikuti tutorial berikut ini.

9. Klik tulisan "Mulai memposkan/Entri baru atau klik gambar tanda pensil di pojok kiri atas.

10. Isi judul dan artikel yang ingin Anda postkan di blog

11. Setelah tulisan Anda selesai lalu klik "pratinjau" untuk melihat hasil sementara, jika sudah sesuai maka klik "publikasikan"

12. Selesai dan saya ucapkan"Selamat" Anda sudah memiliki blog/website pribadi.
silahkan publikasikan blog baru  Anda pada sahabat atau orang terdekat Anda bahwa sekarang anda sudah memiliki blog/website.
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai tutorial cara membuat blog gratis di blogger, semoga bermanfaat. dan Semoga Anda juga selalu setia mengunjungi Lantera Hati~Ghadin Inton untuk mendapatkan tutorial blogger terbaru dan informasi menarik lainnya.
Salam Happy Blogging
Ghadin Inton

Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.