Friday, April 1, 2016

Cara Membuat Tampilan Blog/website Keren, Indah dan Menarik

Assalamualaikum.wr.wb salam happy blogging para sobat blogger yang sedang membaca Tutorial Cara membuat tampilan blog/website keren indah dan menarik,
Bagi para master, mungkin Cara mempercantik/membuat Blog Menarik, Keren  itu bukanlah hal yang sulit dilakukan karena mereka telah paham dengan baik tekniknya, tapi bagi yang pemula alias newbie soal blogger tentu butuh pencerahan soal ini.
Dan berhubung pada postingan lalu saya sudah menyelasaikan ulasan lengkap tutorial cara membuat blog/website di blogger sebelumnya, jadi silahkan merujuk ke sana buat yang belum paham. Tapi bila sudah maka fokuslah membaca segala saran dan rahasia yang akan saya paparkan berikut.

Blog/website yang Menarik dan keren bisa punya banyak makna, tapi apa yang saya cerna dari hasil riset ringan di mesin pencari google, ternyata yang diinginkan dari banyak sobat blogger pemula adalah tampilannya yang bagus dengan jalan mempercantik template-nya agar enak dipandang, mulai dari warna, tata letak, widget dan segala pengaturan di dalamnya.

Perlu Diketahui, Ada dua jenis elemen penting di dalam sebuah blog untuk sobat memulai langkah-langkah Cara Mempercantik Tampilan Blog di Blogspot yang perlu diperhatikan yaitu Template blog dan Widget /Gadget di dalam Template Blog

1. Template Blog

Apa itu template blog? Template adalah kerangka/pola untuk membentuk tampilan blog atau website di layar monitor. Tampilan blog atau website itu seperti apa? Kalau anda klik judul artikel ketika browsing dengan google, kemudian muncul halaman blog atau website, itulah namanya tampilan, dan dapat disebut template. Sederhana bukan?


Setiap blog atau website tentu punya tampilan atau template mereka sediri-sendiri. Dan tampilan blog itu disusun dengan pola tertentu oleh pembuat template.Yang harus anda lakukan pada blog dalam penggunaan Template Blog adalah:

Pilih Template yang menarik

Carilah template yang di rasa menarik bagi anda maupun pengunjung. sekarang banyak sekali website/situs penyedia template yang ada di internet yang menyediakan ragam template kren dan cantik di situ tersedia contoh template yang menarik baik berbayar maupun yang gratis.

Pilih Template yang ringan

Salah satu faktor yang penting lainnya adalah besarnya file template tersebut. Anda harus memperhatikan berat tidaknya proses loading web anda karena Visitor akan malas berkunjung ke web anda apabila proses loadingnya terlalu lama. Maka hindarilah hal seperti ini.

Banyak faktor faktor yang membuat web itu menjadi berat diantaranya:
• Terlalu banyak gambar ukuran besar
• Terlalu banyak script atau variasi yang terpasang
• Ukuran template yang besar
• Faktor server hosting yang terlalu sibuk atau memang lambat

Pilih Template yang SEO Friendly dan Rensponsiv.

Apa itu SEO friendly ? Seo friendly adalah website yang di rancang dan di design sedemikian rupa sehingga memenuhi standar agar terindeks di mesin mesin pencari di internet. dan perlu di ketahui tampilan blog sangat berperanan untuk membuat blog kita seo friendly.

Apa itu responsive? template responsive adalah template yang bisa beradaftasi tegantung dari mana blog/website kita di buka, dia akan menyesuaikan tampilan blog kita di buka melalui web android atau seluler. Nah untuk itu pilihlah template yang seo dan responsive karena ini juga akan mempengaruhi indahnya tampilan blog anda.

Dan Anda bisa mendapatkannya dengan mendownload di situs penyedia template dengan memakai keyword "download template yang SEO dan responsive"

2.Widget/Gadget

Apa itu Widget/Gadget? Widget/Gadget adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Atau bisa kita maknai dengan pengertian yang lebih mudah dipahami yaitu Widget/Gadgett adalah elemen tambahan pada blog yang berisi assesories unik, menarik, untuk memperindah tampilan blog dan bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan blog yang kita miliki.

Memasang widget blog yang keren merupakan langkah dalam memperindah dan mempercantik blog, dengan memasang widget yang keren akan  menjadi kepuasan tersendiri bagi kita sebagai blogger yang menginginkan hal yang terbaik untuk blog yang kita miliki, terlebih lagi hal ini akan membuat pengunjung traffic blog kita merasa nyaman serta betah dengan widget atau fitur- fitur keren di blog kita yang dapat mereka nikmati dan gunakan sehingga pengunjung akan senang menjelajahi setiap halaman blog kita dan akan tertarik untuk berkunjung kembali.

Widget blog keren Pada dasarnya pihak blogger telah menyediakan puluhan widget standar yang dapat langsung kita pasang melalui menu widget, akan tetapi bila anda menginginkan lebih banyak widget dengan tampilan dan  fitur widget blog yang lebih menarik lagi silahkan anda kunjungi 10 situs yang menyediakan puluhan hingga ratusan widget- widget keren yang dapat anda pilih dan langsung anda pasang di blog blogspot/ blogger anda.

Daftar Situs Penyedia Widget Blog Keren untuk Memperindah Blog diantaranya:

1. Google gadgets

Google gadgets adalah salah satu situs atau web penyedia widget atau gadget yang terbaik, disini kita diberi banyak pilihan widget keren yang siap untuk kita pasang di blog kesayangan kita.

2. Yahoo widgets

Yahoo widgets merupakan saingan dari google widgets diatas, di yahoo widgets anda juga diberi banyak pilihan widget yang menarik yang pastinya dapat memperindah blog kalian.

3.  Animationonline.com

Disini kita diberi fitur menarik sebelum memasang widget animasi yang disediakan oleh situs ini yaitu ita dapat mengatur dan menyesuaikannya terlebih dahulu sesuai selera sebelum kita memasang widget tersebut ke blog kita.

4. Alexa rank widget

Alexa rank adalah widget yang menjadi salah satu indikator yang sering digunakan dalam dunia blogger untuk mengetahui peringkat blog kita.

5. Clockwidgets.net

Sesuai dengan namanya kalian pasti sudah tau widget keren apa yang disediakan situs ini, di clockwidgets kita akan diberi banyak pilihan widget jam yang dapat kita pasang di blog blogspot kita.

6. Shoutmix.com /Shoutbox

Widget dari shoutmix yang satu ini juga pastinya tidak asing lagi bagi sebagian besar blogger, shoutbox merupakan widget pesan yang dapat digunakan untuk saling berkomunikasi atau berkomentar di blog kita yang terpasang widget shoutbox ini.

7. Mypagerank

Widget yang satu ini dapat kita pasang di blog kita untuk mengetahui pagerank atau peringkat halaman blog kita.

8. Hitstat

Situs ini menyediakan widget dengan nama yang sama dengan situsnya yaitu hitstat yang berfungsi menampilkan data pengunjung blog kita dari beberapa rentang waktu tertentu.

9. Feedjit

Dari widget yang disediakan situs ini kita dapat melihat negara asal pengunjung blog kita.

10. Zooshia

Bagi yang senang social media anda bisa mengunjungi situs ini yang menyediakan widget – widget social media seperti facebook dan twitter,  hal ini juga mengingat bahwa sebagian besar pengguna internet memiliki akun sosial media, dengan memasang widget- widget tersebut pastinya tidak hanya memperindah tampilan blog saja tetapi juga memberi fitur yang disenangi oleh pengunjung.

Dari 10 situs widget blog keren yang saya paparkan di atas anda dapat memilih- milih widget yang anda sukai dan anda butuhkan untuk memperindah blog anda, tetapi alangkah baiknya pilihlah dengan bijak dan tata dengan rapi di blog anda agar tidak merusak tampilan, anda bisa memberi scroll pada widget agar menjadi lebih rapi dan hemat tempat, selain merapikan widget anda juga perlu selektif agar tidak memberatkan loading blog, karena widget yang banyak di blog juga merupakan penyebab loading blog lama oleh karena itu saya harap anda dapat menentukan yang terbaik untuk blog kesayangan anda.Gunakan Widget/Gadget pada blog anda sebaik mungkin. Artinya pilihlah Widget/Gadget yang menurut anda menarik dan layak anda tampilkan pada blog Anda.

Saya rasa cukup sekian ulasan saya kali ini tentang cara memperindah dan membuat tampilan blog/website kita supaya menjadi kren dan cantik. mohon maaf atas semua kelebihan dan kekurangan dari artikel ini. pesan kesan dan saran boleh anda tulis di kotak komentar dan saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda. semoga bermanfaat dan happy blogging
By Ghadin Inton.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.