Monday, March 28, 2016

Tempat Tempat wisata menarik di padang sumatera barat

Halo Assalamualaikum sobat yang sedang membaca lantera hati Ghadin Inton. kali ini saya akan berbagi artikel mengenai tempat tempat wisata menarik di kota padang.

Setidaknya ada 15 Tempat Wisata di Padang yang bisa anda kunjungi, jika anda punya pengalaman atau cerita sendiri tentang ‘ wisata di Padang ' silahkan bagikan juga dengan kami, agar bisa menjadi pertimbangan sebagai destinasi wisata di Padang selanjutnya.

1. Obyek Wisata Pantai Padang

Pantai padang atau kalau orang minang menyebutnya TapLau (Tapi Lauik) menjadi destinasi wisata di Padang yang pertama yang harus anda kunjungi. Pantai Padang kini sangat berbeda dengan yang dahulu, pemerintah Kota Padang terus berbenah dan memperbaiki berbagai fasilitas di Pantai ini.

Kini, Taplau sudah berubah menjadi tempat yang cantik dan indah dengan aneka bunga yang menghiasi di sekitarnya. Pantai ini berada di dekat Ramayana Plaza Andalas, pasar raya padang, dan dekat juga dengan jembatan siti nurbaya. 
Di sekitar pantai anda bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan ringan hingga seafood dengan rasa yang enak. Satu lagi yang perlu anda perhatikan, sebelum makan pastikan anda nego terlebih dahulu dengan pemilik warung makan atau ampera, karena ada sebagian kebiasaan pedagang kalau orang luar biasanya tarif agak dinaikan. Kalau anda bisa berbahasa minang akan lebih baik lagi.

2. Objek Wisata Jembatan Siti Nurbaya di Padang

Objek Wisata Jembatan Siti Nurbaya di PadangJembatan Siti Nurbaya menjadi tempat wisata di Padang yang wajib anda kunjungi selanjutnya jika anda liburan di Padang. Jembatan ini selalu ramai pada sore hingga malam hari
Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah pada waktu menjelang matahari terbenam, karena Anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam dari jembatan tersebut. Setelah itu area di sekitar jembatan akan dipenuhi oleh para penjual makanan yang menawarkan kuliner khas Padang dengan harga yang cukup bersahabat. Di sini Anda dapat mencicipi sate Padang, soto Padang, pisang bakar,jagung bakar dan berbagai minuman khas sesuai selera.

Setelah puas mengisi perut dengan aneka kuliner khas tersebut, kita dapat menikmati keindahan lereng gunung Padang yang penuh kerlap-kerlip lampu dari pemukiman penduduk di sekitar gunung yang semakin padat setelah Jembatan Siti Nurbaya ini dibangun. Begitu pula dengan permukaan air sungai Batang Arau di bawah jembatan yang terlihat berkilauan karena memantulkan cahaya lampu aneka warna..

3. Destinasi Wisata Pantai Pasir Jambak di Padang

Destinasi Wisata Pantai Pasir Jambak di PadangPantai Pasir Jambak menjadi objek wisata di Padang selanjutnya, pantai ini berada di Tabing. Lokasinya sekitar 20 KM dari pusat Kota Padang, anda berjalan ke arah jalan lintas Padang-Pariaman. 
Pantai ini berpasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa.
Untuk menambah kenyamanan liburan di Pantai Pasir Jambak, disediakan fasilitas berupa pintu gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makanan, home-stay, gazebo, dan penyewaan perahu. Sangat cocok untuk berjemur, berenang, berperahu, bersantai, atau menyaksikan matahari terbenam. Dapat dicapai dengan angkot, bis kota atau taxi.

4. Tempat Wisata Pantai Nirwana di Padang

Tempat Wisata Pantai Nirwana di PadangPantai Nirwana menjadi destinasi wisata di Padang yang selanjutnya. Pantai sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga, ombaknya tidak terlalu besar, pasirnya putih bersih, pantainya luas dan landai menjadikan tempat ini sangat asyik untuk mandi-mandi atau bermain air.
Pantai Nirwana ini memberikan pengalaman tersendiri untuk saya ketika singgah bersama rombongan dari mahasiswa Teknik Pertambangan Angkatan 2010, kami berhenti disini sejenak setelah melakukan kuliah lapangan bersama dosen Goelogi, Bapak Heri Prabowo. 
Setelah puas mandi-mandi, kita bisa menikmati berbagai sajian makanan di sekitarnya. Biasanya pada sore hari juga ada penjual bakso atau mie ayam yang akan menghampiri rombongan anda, rasanya enak dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan. 

Pantai ini bisa diakses melalui jalan Padang-Pesisir Selatan, lokasinya dengan dengan pelabuhan teluk bayur yang sangat terkenal itu. 

5. Objek Wisata Pantai Air Manis Batu Malin Kundang di Padang

Objek Wisata Pantai Air Manis Batu Malin Kundang di PadangAnda tentu sudah pernah mendengar mengenai kisah seorang anak durhaka kepada ibunya yang dikutuk menjadi batu bukan? Ini adalah mitos yang berkembang dimasyarakat hingga kini. Mengenai kebenaran ceritanya tidak terlalu penting, yang terpenting adalah pelajaran yang bisa kita ambil, karena kita tidak boleh membantah apalagi durhaka kepada orang tua.
Pantai air manis atau pantai aia manih kalau orang minang menyebutnya, berada di dekat pelabuhan teluk bayur. Jika anda jalan dari arah pasar raya, maka pantai ini berada sebelum pelabuhan teluk bayur. Kita bisa menemukan dengan mudah lokasinya karena ada plang lalu lintas yang menjadi tanda. Disini anda bisa mandi-mandi atau foto-foto. Juga ada banyak penjual souvenir khas pantai aia manih berupa batu malin kundang dan sebagainya.

6. Tempat Wisata di Pulau Cubadak Padang

Tempat Wisata di Pulau Cubadak PadangPulau cubadak menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang sangat terkenal. Pulau ini menjadi surganya pecinta dunia bawah laut. Objek wisata ini sendiri dikelola oleh investor asal Italia, berlokasi di Kawasan Mandeh tepatnya di sisi Selatan. Keindahan alam disana bisa dinikmati dengan menaiki perahu, Motor Boat, memancing, Snorkeling, dan lain sebagainya umumnya wisata pantai .

7. Destinasi Wisata Pulau Sikuai di Padang

Destinasi Wisata Pulau Sikuai di PadangPulau sikuai menjadi destinasi wisata di Padang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Pulau ini sangat cocok bagi anda yang berlibu dengan pasangan. Karena suasana sekitarnya yang begitu tenang, pemandangannya yang indah serta lokasinya yang jauh dari keramaian akan membuat suasana Honey moon anda semakin terasa. Pulau ini bisa kita tempuh dengan perjalanan sekitar 35 menit dengan menggunakan perahu. 
Jika kita sudah berada di pulau ini rasanya sangat nyaman sekali, airnya sangat jernih, pasir pantainya putih bersih, kita juga bisa memancing disini, ikannya sangat banyak sekali di tepiannya. Untuk penginapan tersedia Hotel berbintang 2 disini.

8. Tempat Wisata Sejarah Museum Adityawarman di Padang

Tempat Wisata Sejarah Museum Adityawarman di Padang
Jika anda ingin kenal dengan budaya minang lebih dekat lagi, disini lah tempatnya. Museum Adityawarman berlokasi di Jl.Diponegoro no: 10 ,Kota Padang – Sumatra Barat.
Museum Negeri Provinsi Sumatera Barat mulai dibangun  pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Pada tanggal 28 Mei  1979, meseum tersebut diberi nama “Adityawarman”. Nama Adityawarman  diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman  dengan Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada.
Museum Adityawarman merupakan museum budaya  terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat  menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya  Minangkabau, cagar budaya Mentawai dan cagar budaya Nusantara. Untuk menjaga kelestarian  koleksi benda-benda bersejarah tersebut, pemerintah setempat membentuk tim kecil  yang bertugas sebagai tenaga educator, konservator, preparator dan pustakawan.

9. Objek Wisata Pantai Caroline di Padang

Objek Wisata Pantai Caroline di PadangInilah pantai yang dijadikan sebagai lirik lagu yang berasal dari minang, pantai Caroline. 
Pantai ini menjadi slaah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Lokasinya di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. 
Ada banyak fasilitas disini, seperti penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.
Cuaca cerah membuat suasana pantai makin menggoda untuk dicumbui. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang berkunjung siang itu ke Pantai Caroline—arah selatan Kota Padang. Pecahan ombak yang menyisir hingga tepian menyisakan buih-buih putih dan menyapu pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Pantai nan landai dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Kawasan Caroline terbilang masih menyimpan potensi laut yang lebih baik ketimbang kawasan lain di sepanjang Pantai Padang.

10. Wisata Religi Manasik Haji di Miniatur Makkah di Padang

Wisata Religi Manasik Haji di Miniatur Makkah di Padang Jika anda sudah berada di Padang tidak ada salahnya juga kalau mengujungi makah mini di Lubuk Minturun. Hitung-hitung juga kalau kita bisa pergi ke Makah Al Mukarramah di Saudi Arabia sana.
Asrama haji ini merupakan proyek pribadi dari haji nuril zakir dan keluarga. Niat pendirian ini sekaligus sebagai perayaan ulang tahun pernikahan mereka yang ke 30. Pembangunan Asrama ini dimulai pada tanggal 13 Desember 2000, selesai pada tanggal 8 September 2001.
Selain itu mesjid ini juga memiliki beberapa binatang yang asing di tanah air kita seperti onta, ulaur phiton, dan ikan besar dengan nama latin arapaima.

11. Objek Wisata Pemandian Lubuk Minturun Padang

Objek Wisata Pemandian Lubuk Minturun PadangSejalan dengan lokasi makah mini, di Lubuk Minturun juga ada objek wisata untuk mandi-mandi. 
Kalau anda eksplorasi lebih jauh lagi, anda bisa mandi ke Lubuk Camin atau LC di sungai ini. Untuk lokasinya agak jauh ke atas ke arah Pesantren Ar-Risalah Padang. 
LC atau Lubuk Camin menjadi salah satu tempat mandi favorit anak-anak pesantren Ar Risalah Padang. Anda bisa menikmati air terjun di LC.
Lokasinya berdekatan dengan kolam renang ABG.

12. Panorama Sitinjau Lauik

Panorama Sitinjau LauikJika malam hari ada spot yang sangat sayang untuk dilewatkan, Panorama Sitinjau Lauik. Panorama menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati keindahan kota Padang pada malam hari. Disini kita bisa menyaksikan Kota Padang dari ketinggian. Lokasinya berada di jalan lintas Padang-Solok. 
Untuk menghangatkan suasana anda bisa memesan mie rebus atau kopi disini.

13. Objek Wisata Alam Air Terjun Tiga Tingkat di Padang

Objek Wisata Alam Air Terjun Tiga Tingkat di PadangBagi pecinta alam, air terjun tiga tingkat menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Air terjun tiga tingkat adalah salah satu objek wisata alam yang paling indah di padang walaupun masih belum terkenal seperti tempat wisata lain bahkan oleh warga lokal di kota padang sendiri. Air terjun ini berlokasi di desa cendikar yang sangat cocok bagi mereka yang menyukai wisata alam dan petualangan. Air terjun ini memiliki tiga tingkat sepeti namanya dan untuk mencapai tingkat paling atas anda perlu menyusuri jalan terjal dan licin yang cukup menguras tenaga.

14. Objek Wisata Lembah Anai

Objek Wisata Lembah AnaiLembah anai tidak berada di Kota Padang, lokasinya ada di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Jika anda hendak jalan pulang atau ingin menuju ke Bukit Tinggi, maka anda bisa melihan dan dinggah di Lembah anai. Atau Jika anda sudah selesai berkunjung ke tempat wisata di Padang di atas, anda bisa menjadikan lembah anai destinasi wisata selanjutnya.
Lembah anai sangat terkenal, foto di samping diambil dari perlintasan kereta api yang ada di atasnya.

15. Objek Wisata Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung Padang

Objek Wisata Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung PadangSebenarnya Gunung Padang bukanlah gunung, melainkan sebuah bukit. Gunung Padang sendiri menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai banyak dilirik wisatawan.
Lokasinya berada di sebelah jembatan Siti Nurbaya, jika anda berada di jembatan siti nurbaya maka akan terlihat bukit ini di sebelah Barat.
Pemandangan di sekitarnya sangat mirip sekali dengan bukit yang ada di Film Doraemon dan Nobita, sehingga bukit ini juga disebut sebagai bukit nobita. Di bukit ini ada sebuah kuburan di dalam Goa. Katanya adalah makam siti nurbaya yang sangat terkenal dengan cerita rakyat Minang meski kebenarannya belum bisa di buktikan karna tidak ada sumbernya yang pasti.

Itulah tempat tempat wisata menarik di kota padang,mudah-mudahan bisa menjadi panduan wisata  untuk anda bersama keluarga tercinta.
Salam Hangat
Ghadin Inton
Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.