Friday, April 8, 2016

Jaga Kesehatan Paru-Paru Anda Dengan Mengkonsumsi Ini?


Menjaga kesehatan paru-paru, Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital keberadaannya. Jika paru-paru tidak berfungsi dengan baik, maka hal ini akan mengganggu sistem pernapasan. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar menjaga kesehatan paru-paru. Hal sederhana untuk mengaplikasikannya adalah dengan menghindari tempat-tempat yang berpolusi dan tidak merokok. Bahkan, bagi anda yang bukan perokok, anda juga bisa disebut perokok pasif apabila selalu berada dekat asap rokok, jadi sebaiknya jauhi orang-orang yang merokok di dekat anda.

Beberapa Makanan Yang Membantu Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Selain dua hal tersebut, ada juga hal lainnya yang bisa membuat paru-paru anda tetap sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat tertentu. Apa saja itu? Berikut ulasannya..

Delima



Delima merupakan buah kuno yg bersifat anti-kanker. Buah ini mempunyai kandungan polifenol, bahan kimia tanaman yg mampu mencegah penyakit kronis seperti kanker & penyakit jantung. Buah delima pass unik sebab mengandung jumlah tinggi dari beragam kategori polifenol, diantaranya ellagitannins, catechin & resveratrol.

Mencegah & mengobati kanker paru-paru dgn memanfaatkan strategi gizi adalah salah satu maksud peneliti kanker. Ekstrak delima sanggup mengurangi pertumbuhan sel kanker paru paru. Terhadap satu buah percobaan, hewan laboratorium dikasih ekstrak delima menunjukan kebolehan buat menghambat perkembangan tumor & kanker paru-paru.

Sel sel radikal bebas dalam badan kamu sanggup merusak DNA atau materi genetik terhadap sel lain. Ini berpotensi menyebabkan sel-sel sehat jadi kanker. Antioksidan yaitu komponen yg memburu & meredakan sel radikal bebas. Jus buah delima yg sarat bersama sebanyak antioksidan, termasuk juga yg bermutasi jadi sel kanker.
Buah delima mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat mencegah timbulnya penyakit tumor paru-paru. Makan buah delima juga dapat mengatasi masalah pernapasan.

Anggur

Anggur mempunyai banyak manfaat kesehatan karena memiliki kandungan beragam jenis senyawa metabolit sekunder, terlebih kelompok flavonoid serta antosianin, dan resveratol.
Berdasarkan riset lain mengungkap bahwa senyawa aktif didalam anggur dapat meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam membuat lancar aliran darah dalam arteri berkenaan dengan aktivitasnya pada sel-sel otot halus. Lewat mekanisme ini, resiko terkena serangan jantung dapat berkurang.
Selain itu, anggur juga memiliki kandungan banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat dari pada vitamin C dan vitamin E.
Didalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekalian menurunkan trigliserida yang beredar didalam darah.
Anggur mengandung zat flavanoid penting yang dinamakan narigin. Zat ini mempunyai peran untuk mencegah tumbuhnya tumor di paru-paru. Bahkan buah anggur juga dinilai efektif untuk membersihkan paru-paru.

Apel

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi apel setiap hari dapat mencegah berbagai penyakit. Seperti, menurunkan kadar kolesterol, mencegah stoke, menurunkan berat badan, menjaga gigi tetap sehat dan mencegah resiko terkena penyakit jantung.
Makin banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa makan apel secara teratur dapat mencegah penyakit kanker paru. National Cancer Institute di Amerika juga melaporkan bahwa makanan yang banyak mengandung zat flavonoids seperti pada apel, dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker paru hingga 50 persen.Buah apel mengandung flavanoid dan vitamin B, C, E, di mana semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

Bawang Merah

Di dalam bawang merah terdapat ikatan asam amino yang tidak berbau, tak bewarna dan dapat larut dalam air. Ikatan asam amino ini disebut aliin. Dimana senyawa  tersebut dapat berubah menjadi alicin. Bersama dengan tiamin (vitamin B), alicin dapat membentuk  allitiamin,  senyawa bentukan ini ternyata lebih mudah diserap oleh tubuh daripada viamin B sendiri. Degan demikian, alicin dapat membuat vitamin B lebih efisien dimanfaatkan oleh tubuh.Bawang merah tidak hanya sebagai bumbu atau pelengkap saja pada suatu makanan. Bawang merah menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, di mana salah satunya adalah kesehatan paru-paru.

Wortel

Manfaat minum jus wortel bagi kesehatanWortel merupakan salah satu sayuran yang populer diseluruh dunia. Ia sangat dikenal akan kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi. Selain harganya cukup ekonomis, wortel adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain digunakan sebagai bagian dari kuliner, wortel juga banyak dikonsumsi dalam bentuk segar atau di buat jus.
Sayuran super sehat ini mengandung nutrisi penting bagi tubuh termasuk di dalamnya adalah vitamin A dan C, serta mampu mendukung kesehatan paru-paru.

Jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat dan juga nutrisi yang dapat memperbaiki tubuh Anda, terutama jika Anda menderita gangguan pernapasan. Ketika racun atau alergen di udara yang kita hirup mengiritasi jaringan paru-paru yang halus, kulit jeruk dapat membantu paru-paru dalam membersihkan dirinya.
Seperti kebanyakan buah-buahan, jeruk penuh nutrisi dan enzim yang membantu tubuh untuk bekerja dengan baik. Kulit jeruk kaya akan ‘flavonone’, antioksidan kuat yang membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan melawan radikal bebas. Kulit jeruk juga sarat dengan senyawa yang menekan histamin alami.Buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi buah jeruk juga mampu membantu meningkatkan penyerapan oksigen.

Kacang Kenari

Pernahkah anda melihat dan mengonsumsi kacang kenari?  Ya, Salah satu jenis kacang – kacangan ini memang memiliki bentuk yang kecil, tetapi siapa yang menyangka didalam tubuhnya yang mungil itu buah ini ternyata memiliki manfaatyang sangat luar biasa.
Kacang kenari ini sudah terbukti sangat sarat dengan manfaat kesehatan. Sebagai contoh saja, Apabila anda tiap malam tidak bisa tidur nyenyak ataupun insomnia, anda bisa mencoba mengonsumsi buah kenari ini beberapa biji saja. Lalu apa hubungannya dengan tidur dan imsomnia? Karena pada dasarnya buah kenari sudah terbukti mengandung melatonin yang bisa mendatangkan rasa kantuk dan membuat serta membantu pola tidur anda menjadi lebih teratur.
Manfaat Kacang Kenari Untuk Kesehatan
Kacang-kacangan termasuk kenari mengandung zat antioksidan yang tinggi, asam lemak omega-3 dan juga protein. Kacang kenari merupakan makanan sehat yang dapat membantu membersihkan paru paru

kacang panjang 

Manfaat kacang panjang yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan. Kacang panjang ini menjadi salah satu sayuran yang berguna sebagai sumber antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Kacang panjang mengandung betakarotin, vitamin C dan mineral mangan yang sangat penting dalam proses antioksidan dalam tubuh. Dengan konsumsi kacang panjang, secara berkala dapat membuat tubuh terhindar dari kelelahan dan racun yang sering anda dapatkan dari poulusi udara di lingkungan. Ketika memasak kacang panjang, jangan terlalu lama supaya vitamin didalamnya tidak hilang.Selain mempunyai sifat anti-kanker, kacang panjang juga mengandung magnesium yang tinggi. Mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Kunyit

Kebanyakan ahli kesehatan alternatif tahu, bahwa kunyit memiliki manfaat  anti – inflamasi, menyembuhkan batuk / demam dan luka. namun masih Ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya, salah satunya adalah untuk kesehatan perut. Yang paling banyak diperhatikan dari kunyit adalah senyawa kurkumin, yaitu zat yang membuat warna kuning pada kunyit. Kurkumin adalah senyawa antioksidan dan antiiflamasi yang kuat, menurut hasil pengamatan peneliti, kurkumin ini juga efektif sebagai zat antikanker.

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang dinilai mampu menghancurkan sel kanker serta mencegah perkembangan tumor dalam paru-paru.
Nah Itulah beberapa makanan sehat yang mampu membantu kesehatan paru-paru anda. Semoga artikel ini bermanfaat.
By
Ghadin Inton
Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.