Monday, April 4, 2016

Yang Harus diperhatikan dalam ngblog oleh blogger pemula

Assalamualaikum.wr.wb. lantera hati Ghadin Inton ucapkan selamat datang untuk para blogger pendatang baru. Kali ini saya akan membagikan tips untuk blogger pemula yang ingin memulai blogging / ngeblog. Untuk yang sudah pernah ngeblog tentulah sudah paham dan tau hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai blogging dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan di awal ngeblog.


Namun beberapa dari Anda mungkin masih bingung kan? Ini harus memulai dari mana? Ini harusnya ngapain dulu? Blablabla. Tenang, itu akan saya sampaikan dalam postingan kali ini.

Sebelumnya saya juga ingin memberitahukan bahwa blogging ini bisa saja menjadi pekerjaan sampingan Anda, jika ditekuni benar-benar tidak sedikit lho Blogger-Blogger yang mempunyai penghasilan diatas rata-rata dari blognya. Bahkan ada yang sampai punya sponsor yang membayar beberapa barang-barang sang blogger, luar biasa bukan? Namun untuk awal-awal, alangkah baiknya jangan berfikir terlalu tinggi jika niat Anda kurang. Karena dunia Blogging ini butuh orang-orang yang pekerja keras, ulet, pantang menyerah dan yang pasti tidak pernah kehabisan ide untuk membuat suatu artikel yang bermanfaat bagi pembaca.

Baiklah saya rasa sudah cukup panjang intro yang sudah saya sampaikan, sekarang kita menuju ke intinya. Apa saja sih yang harus disiapkan sebelum ngeblog? Simak baek baek ya sob..

 1.Bulatkan dan tekatkan Niat

    Yang paling pertama dan yang paling utama adalah kumpulkan niat. Niat sangat diperlukan dalam langkah awal ngeblog, karena jika niat Anda tidak kuat nantinya blog Anda akan berhenti ditengah jalan. Niat juga berpengaruh pada semangat seseorang, jika niatnya kuat maka semangatnya pun juga ikut kuat, begitupun sebaliknya.

    Niat disini tergantung dengan tujuan Anda ngeblog. Jika tujuan Anda adalah hanya menyalurkan pikiran tanpa peduli pengunjung yang datang maupun berkomentar kepada tulisan Anda, maka niatkanlah blog yang Anda buat itu adalah wadah untuk pikiran-pikiran Anda yang tidak sempat Anda katakan. Jika tujuan Anda adalah menarik pengunjung untuk datang dan membaca tulisan Anda, maka niat Anda adalah membuat artikel semenarik mungkin namun tetap menerapkan kaidah jurnalistik walaupun pikiran-pikiran Anda nantinya tidak tersalurkan. Itu semua tergantung niat dan tujuan Anda, pikirkanlah terlebih dahulu sebelum melangkah ke langkah selanjutnya.

2.Tentukan Ide

    Setelah Anda berhasil mengumpulkan niat, langkah selanjutnya adalah menentukan ide. Ide yang dimaksud adalah tema dari blog yang akan Anda buat nantinya. Dari tema inilah Anda bisa menentukan Nama / Judul Blog dan juga topik bahasan artikel-artikel dalam blog tersebut. Namun jika niat Anda hanyalah menyalurkan pikiran-pikiran Anda, Anda dapat melewati langkah ini dan katakanlah blog Anda bertemakan “Gado-Gado”.

Setelah Anda berhasil melakukan langkah di atas, Anda akan masuk ke langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya adalah mulai ngeblog dan membuat artikel pertama Anda. Namun, ada sedikit tips dari saya saat Anda pertama kali ngeblog. Apa saja itu? Check This Out!

3.Mulailah Menulis

    Yaps, mulailah menulis sebuah artikel yang menggambarkan diri Anda. Usahakan ini adalah artikel pertama yang ada di blog Anda. Artikel ini boleh bertipe post maupun page. Tulis semua pikiran-pikiran Anda yang menggambarkan diri Anda sendiri. Tulis apapun juga yang terlintas di pikiran Anda mengenai diri Anda. Jika itu bukan blog pribadi Anda, maka tulislah artikel yang menggambarkan Grup, Kelompok, Perusahaan ataupun Judul / Topik dari Blog itu sendiri.

4.Tulislah Artikel yang Berkualitas

    Artikel bisa dikatakan sebagai ‘Nyawa’-nya Blog. Jika artikel dalam blog tersebut berkualitas maka pengujung akan terus berdatangan dan membaca artikel di blog Anda. Apa sih yang menandai artikel tersebut berberkualitas? Artikel yang berbobot adalah artikel yang membawa manfaat bagi pembacanya, seperti menambah ilmu, wawasan ataupun hanya sekedar menghibur. Jika blog itu adalah blog pribadi dan berisi pikiran-pikiran Anda, maka artikel-artikel dalam blog itu haruslah unik dan terdapat manfaat yang terkandung di dalamnya.
Tampilan

Artikel lebih penting dari tampilan. Artikel yang berkualitas akan selalu dicari pembaca walaupun tampilan yang disuguhkan ‘kurang’ menarik. Saya tidak mengatakan tampilan ‘tidak’ penting, namun utamakan mengoptimalkan artikel Anda terlebih dahulu sebelum anda mempercantik tampilan blog Anda.

    Sebagai ilustrasi, pembaca / pengunjung hanya mencari artikel berdasarkan kata kunci pada sebuah mesin pencari. Yang tertampil dari mesin pencari adalah Judul Artikel dan Ringkasan Artikel, Tampilan blog Anda belumlah tampak disana, melainkan Artikel Anda terlebih dahulu yang tertampil disana. Dan jika pengunjung tersebut membuka artikel Anda dan melihat tampilan blog Anda yang cantik, indah dan rapi, maka secara otomatis dia akan merasa betah membaca di blog Anda.

    Secara sederhana adalah “Tampilan blog membuat orang berlama-lama di blog Anda, namun Artikel Anda lah yang menarik orang tersebut untuk mengunjungi blog Anda”. Maka utamakanlah Artikel Anda.
 

5.Berkunjunglah ke Blog Teman

    Ini juga penting. Dengan berkunjung ke blog teman, Anda akan mendapatkan ilmu baru, pengalaman baru dan tentunya pengalaman baru. Anda bisa saling sharing mengenai persoalan blog maupun persoalan yang lain. Dengan memiliki banyak teman blogger, memungkinkan Anda tetap bersemangat untuk tetap ngeblog.&bisa menambah pergaulan.

6.Bagikan postingan anda

    Setelah blog Anda resmi jadi dan sudah mempunyai beberapa artikel andalan, Anda bisa membagikan Artikel tersebut mapupun Blog Anda ke semua sosial media yang Anda miliki. Dengan membagikan Blog maupun Artikel tersebut, Anda telah memperkenalkan kepada teman-teman Anda bahwa Anda sudah memiliki Blog.

 7.Jawablah Setiap Komentar

Jika blog Anda menyediakan layanan Komentar pada Artikel, maka Anda juga wajib menjawab semua Komentar tersebut. Jika komentar-komentar tersebut tidak terbalas, pembaca bisa merasa malas untuk mengunjungi Blog anda karena merasa Admin / Pengurus Blog itu tidak ramah dan tidak komunikatif. Maka jawablah semua komentar tersebut walaupun hanya dengan kata “Thanks”, “Terimakasih” ataupun yang lainnya dengan begitu pembaca / pengujung akan merasa lebih dihormati.

Nah itu dia 7 tips Memulai Blogging Untuk Pemula dari saya, semoga dapat berguna bagi blogger-blogger baru yang ingin memulai untuk Blogging. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

 Salam hapy blogging

Ghadin Inton
Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.