Tuesday, March 22, 2016

Manfaat Dan Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Assalamualaikum...Sobat Lantera hati Ghadin yang berbahagia..selamat datang dan silahkan duduk manis ya, semanis buah manggis yang akan saya kupas dalam artikel ini. hhee..kali ini saya akan membahas tentang khasiat dan manfaat tanaman manggis untuk kesehatan.
Saya yakin anda pasti kenal dekat dengan tanaman satu ini,karna boleh di bilang buah manggis memang amat begitu fenomenal  hingga buah manggis ini dijuluki sebagai ratu buah,
ya tentu saja karna manfaatnya yang memang sangat luar biasa sekali,Manggis mampu mengobati dan juga mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, ini lah yang membuatnya menjadi buah yang sangat super luar biasa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa buah manggis dan juga kulit buahnya sangat kaya dengan 40 lebih zat xanthones sebagai salah satu antioksidan yang amat berkhasiat di dunia.
selain mengandung zat super xanthones, dalam buahnya juga memiliki kandungan polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang menjadi salah satu bahan antikulat dan juga anti bakteri. harus diketahui Xanthones merupakan salah satu komponen aktif yang paling utama dari buah manggis.

Khasiat buah manggis utamanya yang paling terkenal yakni mencegah dan juga mengobati kanker, tapi lebih dari itu manggis sudah terbukti bisa meningkatkan kebugaran dan juga kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah manfaat buah manggis yang saya kutip dari bidanku.com sesuai dengan kandungan nutrisi didalamnya yang sangat baik untuk kesehatan :
   
1.  Mengandung Antioksidan

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa dalam buah Manggis mengandung polifenol atau xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis gamma dan alpha manggis. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Xanthone adalah obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit. Buah manggis sering digunakan untuk pengobatan yang bersifat tradisional untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

2.  Kandungan Kalori yang Rendah

Buah ini sangat rendah kalori yaitu 63 kalori per 100 g dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Akan tetapi kaya akan serat makanan yaitu 100 g menyediakan sekitar 13% RDA yang bisa sangat penting bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih untuk melakukan diet.

3.Mengandung Vitamin C

Buah manggis mengandung vitamin sekitar 12% RDA per 100g. Kandungannya larut dalam air dan vitamin C memberikan perlawanan terhadap infeksi,  flu dan menangkal radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk melawan  beberapa penyakit. Bagi ibu hamil kandungan Folat memiliki peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru yang tumbuh.

4.  Kandungan Nutrisi yang Mampu Melancarkan Peredaran Darah

Buah Manggis mempunyai peranan  dalam mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini dikarenakan mampu meningkatkan aliran darah sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti kolesterol, aterosklerosis, dan nyeri pada dada yang parah. Selain itu juga dapat mencegah penyakit katarak karena melakukan peredaran darah yang lancar.

5.  Kandungan buah manggis untuk kecantikan

Buah Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan juga anti mikroba yang efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit. Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat, kulit berminyak, noda kulit, dan kulit yang kering dapat disembuhkan dengan konsumsi buah manggis. Selain itu Senyawa santon dalam kulit buah manggis adalah yang tertinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel yang rusak dan melindungi tubuh kita. Buah manggis dapat membantu penuaan yang muncul karena oksidasi. Manggis memiliki antioksidan seperti katekin (antioksidan yang sama dalam teh hijau). Hal ini membantu dalam melawan radikal bebas. sehingga banyak mengkonsumsi manggis dapat terlihat awet muda..

6. Dapat Meencegah dan mengobati kanker

Buah manggis mengandung antioksidan  sebagai anti-kanker. Sebab, manggis dapat mendorong sel kanker untuk melakukan pemusnahan sel kankernya atau apoptosis. Selain itu, kulit manggis juga bersifat anti-proliferasi artinya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
menurut penelitian ilmiah Kanker yang dapat diatasi dengan antioksidan dari kulit manggis ini seperti kanker darah (leukimia), kanker paru-paru, kanker lambung, kanker kolon (usus besar) dan kanker hati.

Diketahui Kulit buah manggispun dapat dijadikan obat kemotherapi dan mengurangi dampak dari kemotherapi.

Nah untuk sehat dan awet muda itu gak harus mahal kan, dengan banyak menkonsumsi buah salah satunya buah manggis ini kita bisa mewujudkan hidup sehat, tapi so pasti tentu harus di iringi dengan makan dan olahraga yang teratur.

Oke sekian dulu bahasan kita kali ini mengenai khasiat dan manfaat buah manggis untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat amin.
Wasallam.
Ghhadin Inton


Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.