Saturday, March 26, 2016

Tempat Tempat Wisata Menarik Di Medan sumatera utara

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Medan? Kota medan merupakan kota terbesar di Sumatera dan di luar jawa. Kota Medan menjadi kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan surabaya 

Kota ini sangat ramai sekali, geliat perekonomian masyarakatnya membuat Kota ini tidak pernah ‘tidur’.
Ternyata tidak hanya maju kotanya saja yang menjadi daya tarik Kota Medan, melainkan tempat wisatanya. Ada banyak tempat wisata di Medan yang wajib Dikunjungi. Nah, kali ini kita akan jalan-jalan keliling Kota Medan dan sekitarnya untuk menikmati liburan seru dan asyik.

Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya

Berikut ini ada 25 Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi yang berhasil saya rangkum untuk anda.

1. Objek Wisata Eksotis Danau Linting


Objek wisata yang pertama adalah danau Linting. Danau ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Wisatawan yang datang ke Kota medan wajib mampir ke danau yang memiliki air berwarna hijau ini.

Lokasinya memang tidak berada di Kota medan melainkan ada di Deli Serdang. Danau unik ini memiliki warna hijau dan biru yang disekelilingnya terdapat batu cadas.
Danau Linting berlokasi di Kec. STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang sekitar 2 jam dengan motor. Danau mungil yang memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, mistis sekaligus mempesona! Aku paling suka dengan suasana Danau Linting dengan udara yang sejuk dan damai. Cocok untuk tempat refreshing di hari libur!

2. Tempat Wisata Alam Air Terjun Dua Warna di Medan

Tempat Wisata Alam Air Terjun Dua Warna di Medan
Air terjun dwi warna atau air terjun dua warna menjadi salah satu tempat wisata favorit di kecamatan Sibolangit.
Air terjun ini menjadi slaah satu tempat yang paling eksotis di muka bumi khususnya di Sumatera Utara.
Dengan warna hijau dan biru, wisatawan yang berkunjung apalagi yang baru pertama kali datang akan takjub luar biasa.
Air terjun ini berjarak sekitar 2 – 3 jam perjalanan dari kota Medan menuju Kabupaten Deli Serdang.
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter, dan berada di ketinggian 1475 meter dari permukaan laut. Letak air terjun ini terpisah oleh beberapa batuan yang berada di sekitarnya. Satu berwarna biru cerah dan berhawa dingin, satu lagi berwarna hijau dengan hawa hangat. Asal usul dari Air Terjun Dua Warna ini belum dapat diketahui secara pasti.

Cara menuju lokasi : dari terminal Pinang Baris Medan, anda dapat naik bus antar kota antar daerah (AKAD) menuju terminal Sibolangit, dari terminal naik bus menuju areal perkemahan pramuka di Sibolangit. Kemudian memulai perjalanan menjelajahi hutan, dan menyeberangi sungai. Biaya angkot kira-kira Rp. 40.000 sekali jalan.

3. Objek Wisata Alam Air Terjun Batu Belah Sibolangit

Objek Wisata Alam Air Terjun Batu Belah Sibolangit
Masih tempat yang sama dengan objek wisata nomor 2, disekitar Deli Serdang, tepatnya di Bumi perkemahan Sibolangit, anda juga bisa menemukan objek wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Wisata Alam Batu Belah.
Untuk menikmati air terjun ini kita hanya membayar Rp 4.000 saja, untuk masuk tempat regsitrasinya sama dengan Air Terjun Dua Warna.
Kalau sebelum belum saya jelaskan bagaimana cara menuju lokasi, nah anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, yakni dari kota Medan menuju arah Berastagi kurang lebih 2 -3 jam perjalanan tepatnya berada di Bumi Perkemahan Sibolangit.
Sesampainya di Bumi Perkemahan dilanjutkan menuju Pos Ranger untuk registrasi dan ikuti petunjuk dari petugas.
Bagaimana? Anda tertarik ke tempat wisata yang satu ini?

4. Destinasi Wisata Gunung Sibayak

Destinasi Wisata Gunung Sibayak
Gunung Sibayak menjadi salah satu tempat wisata di Karo yang menarik untuk dikunjungi, lokasi tepatnya ada di Kecamatan Beras Tagi.
Kenapa gunung ini menarik untuk dikunjungi?
Karena pemandangan gunung ini sangat indah sekali. Ditambah lagi ada air terjun dua warna yang sangat terkenal (sudah dijelaskan di atas).
Bagi yang hobi mendaki, gunung ini merupakan tujuan wisata yang menarik dan menantang untuk ditaklukan. Gunung ini tidak terlalu sulit didaki. Biasanya mereka melakukan pendakian pada hari sabtu hingga minggu. Di puncak gunung ini terdapat kawah yang landai, yang berukuran sekitar 200 x 200 meter.
Cara menuju lokasi : dari terminal Pinang Baris naik bus yang menuju Berastagi, tarifnya sekitar Rp. 5.000.

5. Destinasi Wisata Bukit Lawang di Sumatera Utara

Destinasi Wisata Bukit Lawang di Sumatera Utara
Bukit lawang menjadi salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini.
Bukit Lawang lokasinya ada Taman Leuser, taman ini sangatterkenal dengan orang utan.
Kita bisa melihat orang hutan di Bukit Lawang, orang hutan di alam bebas yaitu di hutan atau hanya sekedar untuk feedings monkeys. Kebanyakan turis mancanegara singgah kesini dan mecoba menjelajah hutan liar Sumatera. Jarak Bukit Lawang dari Medan ialah 80 km dan menuju kesana melalui kota Binjai. Disekitar Taman Lauser ada Sungai Bahorok dan sebuah jembatan yang besar dan daerah bisa merasakan suasa hutan dan pedesaan.

6. Liburan Seru River Tubing di Sungai Bukit Lawang

Liburan Seru River Tubing di Sungai Bukit Lawang 
Di Bukit lawang kita juga bisa mandi-mandi disungai. RIVER TUBING! Selain bersantai ada berbagai pilihan aktivitas bisa dilakukan di area rekreasi Bukit Lawang seperti tracking, orang utan feeding, rafting dan juga river tubing.

7. Ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Nah, ini dia objek wisata di Medan yang wajib dikunjungi, tempat penangkaran buaya.
Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan menjadi salah satu tempat liburan yang seru sekaligus menantang. 
Buaya-buaya disini siap menyambut anda ‘keramahan’ ala buaya. Anda bisa melihat ribuan ekor buaya di rawa buatan dan juga di kolam-kolam yang umur buayanya variatif hingga umur 78 tahun.
Lokasi Taman Buaya Asam Kumbang di Sunggal Medan dan sangat mudah untuk ditemukan karena banyak trasnportasi umum  serta biaya masuk taman buaya sunggla cukup membayar Rp5.000.

8. Wisata Sejarah Istana Maimun Medan

Wisata Sejarah Istana Maimun Medan
Medan merupakan salah satu pusat perkembangan Islam di Indonesia, dan istana Maimun menjadi saksi sejarah yang masih kokoh berdiri hingga kini.
Istana yang serba kuning ini berdiri kokoh di jantung tengah Kota Medan. Lokasi Istana Maimun di Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan.
Kalau anda liburan ke Medan, jangan sampai lupa untuk mampir ke istana ini. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum dan letaknya di tepi jalan Katamso dan kelihatan dari depan jalan sehingga mudah untuk di akses.
Pengunjung bisa menikmati koleksi dari Istana yang berasal dari masa lalu namun masih utuh seperti foto Sultan beserta seluk beluk sejarah Kerajaan Deli, dan terdapat Singgasana Sultan yang mewah.
Untuk masuk ke dalamnya kita cukup membayar Rp. 5000 rupiah saja, murah sekali bukan?

9. Wisata Religi ke Masjid Raya Medan

Wisata Religi ke Masjid Raya Medan
Masjid raya Medan menjadi tujuan wisata yang selanjutnya. Masjid yang berdiri kokoh ini menjadi ikon Kota Medan.
Masjid kebanggan Kota Medan ini memiliki nama lain Masjia Raya Al Mashun yang berdiri pada tanggal 21 Agustus 1906 yang berbentuk octagonal dan memiliki kubah sebanyak lima buah dengan warna putih dengan kubah berwarna hiyam dan membawa kesan yang menakjubkan.
Tempat ini sangat mudah dijangkau, masjid raya medan berlokasi di Jl. Sisingamangaraja Medan. Tidak jauh dari Istana Maimun cukup berjalan kaki sekitar 200 meter.

10. Wisata Alam Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Wisata Alam Air Terjun Sipiso-piso Tongging
Selain dua air terjun di atas, Sumatera Utara masih memiliki air terjun yang layak untuk kita kunjungi, namanya Air terjun Sipiso-piso Tongging yang berada sekitar 135 km dari Brasatagi.
Keindahan air terjun ini tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, dengan ketinggian sekitar 120 membuat air terjun sipiso-piso menjadi semakin eksotis.
Keindahan air terjun ditambah pemandangan Danau Toba yang indah serta matahari di air terjun menambah keindahan air terjun Sipiso-piso Tongging yang indah.
Bersiap-siap olah raga jika ingin pergi ke dasar air terjun Sipiso-piso Tongging karena harus melewati 1000 anak tangga kira-kira setengah jam turun ke bawah melalui tangga yang berliku-liku dengan jalan kaki disepanjang tebing yang curam.
Benar-benar merasakan sensasi adventure jika melewati jalan setapak yang berliku dari Air terjun Sipio-piso. Air terjun Sipiso-piso Tongging sangat indah karena pemadangan luar biasa indah dari Danau Toba yang bisa dilihat di tengah bukit Sipiso-piso Tongging yang disekelilingnya berwarna hijau oleh tumbuhan berpadu dengan biru Danau yang disekelilingnya lembah yang menakjubkan. 

11. Tempat Wisata Menarik Rahmat Gallery Medan

Tempat Wisata Menarik Rahmat Gallery Medan
Rahmat Galerry menjadi tempat wisata yang cukup unik, disini kita bisa melihat berbagai koleksi hewan yang sudah diawetkan.
Ada banyak sekali hewan dari berbagai belahan dunia yang sudah menjadi pajangan yang menarik sekali. Rahmat Galerry merupakan museum pengawetan hewan yang terkenal dengan “wild museum”.
Hewan-hewan ini bukan sengaja dibunuh yah tapi hewan yang sudah mati lalu diawetkan! Kamu akan takjub dengan isi dari museum yang lengkap banget.
Disini, ada sekitar 1000 spesies hewan yang sudah diawetkan dan menjadi koleksinya. Lokasi Museum Satwa Internasional Rahmat di Jl. S. Parman Medan dengan harga tiket masuk Rahmat Galleri sebesar Rp 25.000 untuk dewasa.

12. Liburan Asyik ke Kampung Keling Medan

Liburan Asyik ke Kampung Keling Medan
Saat liburan ke medan jangan lupa untuk mampir di kampung keling atau sekarang yang disebut dengan Kampong Madras ialah nama sebuah tempat yang da di Medan yang memiliki penduduk India yang besar.
Tak jauh dari Sun Plaza Medan terdapat sebuah kuil yang unik berwarna kuning keemasan.
Kampung Keling bisa juga disebut Litte India nya Medan. Kalau yang doyan India boleh deh datang ke Kampung Keling maka hidung mancung akan bertaburan di sekitar Kampung Keling

13. Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Tangkahan

Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun TangkahanTengkahan sendiri merupakan sebuah lokasi tempat wisata terpadu di Sumatera Utara. Ada banyak sekali wahana disini, yang jelas sangat alami sekali.
Anda yang menjelajah, maka tangkahan harus menjadi lokasi yang wajib dikunjungi jika datang ke Medan Sumatera Utara.
Disini anda bisa menemukan air terjun yang memiliki keindahan yang memukau.
Wisata Tangkahan berupa jelajah hutan liar, gua kalong, cubbing, treking gajah dan air terjun atau sekedar mandi di Sungai dengan pemandangan indah pegunungan. Tangkahan merupakan salah satu eko wisata yang ada di Indonesia. 

14. Mencoba Keseruan Naik Gajah di Tangkahan

Mencoba Keseruan Naik Gajah di Tangkahan
Nah ini dia salah satu kegiatan yang paling menarik di Tangkahan, menjelajahi hutan mengendarai gajah, pasti seru sekali.
Oh ya, hampir semua kegiatan wisata ada di sini. Inilah daya tarik serta paket lengkap dari Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan keinginan, mau soft trekking atau petualangan?
Tidak sulit mencapai lokasi Tangkahan karena tersedia alat transportasi seperti bus yang siap mengantarkan anda hingga ke tujuan. Jika wisatawan dari luar pulau, setibanya di Bandara Kualanamu, anda bisa menggunakan Damri ke Terminal Pinang Baris lalu dilanjutkan menuju Tangkahan. Waktu perjalan kurang lebih 4-5 jam.
Di Tangkahan biasanya ada pemandu wisata yang siap mengantarkan ke berbagai tempat yang ingin anda kunjungi. Untuk para pengunjung yang berniat tinggal dalam beberapa hari, tak perlu khawatir karena telah tersedia berbagai tempat penginapan seperti Bamboo River Lodge, Green Lodge, Jungle Lodge, dan Tangkahan Inn.
Menurut informasi harga penginapan di tempat ini lumayan terjangkau namun tetap dengan kualitas serta pelayanan yang baik, hanya berkisar Rp 100.000 – Rp 170.000. Cukup murah bukan? Anda akan benar-benar dimanjakan saat berada di Tangkahan The Hidden Paradise di Sumatera Utara.
Apabila ingin ke kawasan ekowisata, terlebih dahulu harus melewati Sungai Batang Serangan yang memiliki arus cukup deras. Terdapat rakit sebagai alat penyeberangan, usahakan tetap waspada saat anda naik rakit namun tak perlu takut. Nikmati sensasi berada di atas rakit di tengah derasnya arus sungai.

15. Tempat Wisata Seru Danau Lau Kawar

Tempat Wisata Seru Danau Lau Kawar
Pasca meletusnya gunung Sinabung, nama gunung ini menjadi terkenal dimana-mana. Ternyata di bawah kaki gunung Sinabung ada sebuah dana yang sangat indah sekali yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu danau Lau Kawar.
Lokasi danau yang eksotis ini ada di Desa Sigarang-Garang Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Konon danau ini menyimpan banyak misteri dan tanda tanya, untuk mengungkap misteri yang kian menimbun tanda tanya.
Danau ini menjadi salah satu tempat favorit untuk camping di Sumatera Utara.

16. Objek Wisata Menarik Salju Panas Tinggi Raja

Objek Wisata Menarik Salju Panas Tinggi Raja
Salju panas merupakan tempat wisata unik di Sumatera utara yang wajib dikunjungi, bagaimana bisa salju panas? Ternyata bisa.
Silahkan datang ke Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Disini anda bisa menemukan salju panas, namun sayangnya untuk menuju ke lokasi bisanya menggunakan sepeda motor, karena  akses jalannya jelek. 
Jarak dari Kota Medan sekitar 3 jam perjalanan kendaraan bermotor.
Salju panas ini adalah Pamukkalenya Indonesia, sebuah pegunungan sulfur dengan sulfur berwarna putih dan yang satunya lagi berwarna hijau dengan air panas berwarna biru yang disekelilingnya terdapat  sungai. Bukit kapur yang indah dan menawan.

17. Tempat Wisata Anak Mickey Holiday Berastagi

Tempat Wisata Anak Mickey Holiday Berastagi
Mickey holiday Berastagi menjadi wahana bermain keluarga yang sangat seru. Ada banyak sekali wahana bermain disini.
Setidaknya ada 32 wahana yang seru di Funland, Mickey Holiday, sekaligus pemandangan alam yang menakjubkan yang layak dijadikan sebagai destinasi rekreasi Anda.
Apalagi kini manajemen Mickey Holiday telah menyiapkan beberapa wahana baru, sehingga khususnya bagi warga Medan dan Sumatera Utara tak perlu jauh-jauh mengunjungi Jakarta demi menikmati wahana-wahana keren.

18. Taman Alam Lumbini Tempat Wisata di Lereng Gunung

Taman Alam Lumbini Tempat Wisata di Lereng Gunung
Taman alam lumbini juga menjadi tempat wisata favorit di Karo Sumatera Utara.
Lokasinya ada Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Tanah Karo, di daerah lereng Gunung Sibayak.
Tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain tempat yang begitu alami, taman ini memilki sebuah pagoda yang mirip dengan Pagoda Shwedago di Myanmar.
Pagoda ini milik agama Budha yang panjangnya sekitar enam sembilan meter dengan tinggi sekitar empat puluh enam koma delapan meter. Di sisi lain, daya tarik objek wisata ini adalah di sana terdapat dua ribu lima ratus patung Budha yang begitu kokohnya. 

19. Liburan ke Maha Vihara Adhi Maitreya

Liburan ke Maha Vihara Adhi Maitreya
Maha Vihara Adhi Maitreya menjadi tujuan wisata budaya di Medan yang tidak boleh anda lewatkan.
Objek wisata ini bertampat di perumahan Cemara Asri, Medan. Konon, vihara ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.
Jika kita akan bertandang ke tempat ini maka hal yang patut diketahui adalah janganlah membuat gaduh di vihara.

20. Wisata Sejarah Museum Sumatera Utara

Wisata Sejarah Museum Sumatera Utara
Jika anda ingin mengenal budaya, tradisi dan seluk beluk Sumatera Utara silahkan datang ke Museum Sumut.
Museum ini ada di Jalan H.M Jhoni Nomor 51, Medan. Museum ini adalah museum terbesar di Sumatera Utara yang memiliki beragam jenis peninggalan sejarah dan budaya Sumatera Utara.
Museum yang berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi ini terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruangan pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual, dan lain-lain.
Museum Sumatera Utara memiliki 6.799 koleksi yang terdiri dari hewan khas Sumatera, diorama kehidupan pra sejarah, arca peninggalan Hindu – Budha, dan peninggalan bersejarah lain.

21. Objek Wisata Danau Siombak di Medan

Objek Wisata Danau Siombak di Medan
Danua Siombak menjadi tujuan wisata di Kota medan yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya ada di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan.
Danau Siombak merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar yang terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Terjun.
Meskipun danau ini merupakan danau buatan, akan tetapi airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Hal ini ini karena di dasar danau ditumbuhi oleh lumut dan ganggang.
Anda bisa melakukan aktivitas memancing di sini. Anak-anak juga bisa berenang di kolam mini atau bermain di kolam mandi bola. Biaya masuk Danau Siombak hanya 2.000 Rupiah saja.

22. Tempat Wisata Kuliner Merdeka Walk di Medan

Tempat Wisata Kuliner Merdeka Walk di Medan
Kalau mau makan-makan, silahkan datang saja Merdeka Walk tepat berada di seberang Balai Kota Lama Medan.
Disini anda bisa menikmati aneka sajian kuliner dari berbagai daerah.
MW merupakan pusat kuliner di Medan, hiburan, dan juga lokasi nongkrong para pemuda terutama pada malam hari. Di sini terdapat beragam jenis gerai makanan khas Medan, western food, dan makanan Asia.
Salah satu spot ternyaman di Merdeka Walk adalah Center Piece, yang merupakan lahan dengan banyak pepohonan rindang. Di Center Piece ini biasanya digelar pertunjukan band, rap, breakers, dan hiburan lainnya.

23. Kebun Binatang Medan (Medan Zoo)

Kebun Binatang Medan (Medan Zoo)
Kebun binatang Medan menjadi objek wisata yang menarik untuk kita kunjungi.
Medan Zoo dikelola dan dikembangkan oleh Pemerintah kota Medan dimana terdapat berbagai koleksi hewan tropis, hewan mamalia seperti Harimau, Gajah, Singa, Beruang.
Medan Zoo terletak di jalan Pintu Air IV Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota. Tarif Masuk ke tempat wisata ini terbilang murah, cukup dengan Rp. 7.000,- dan buka setiap hari pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.

24. Tempat Wisata Keluarga Mora Indah di Medan

Tempat Wisata Keluarga Mora Indah di Medan
Taman Mora Indah menjadi tempat bermain yang asyik untuk anak dan keluarga.
Di taman ini tersedia berbagai macam wahana air, seperti seluncur, kolam renang, waterboom, dan lain-lain. Taman Mora Indah terletak tidak jauh dari kota Medan, tepatnya di Tanjung Morawa, Mora Indah. Jalur akses menuju taman ini juga mudah, karena lokasi taman yang terletak di pinggir jalan.
Di sini juga terdapat seluncur dengan tinggi 20 meter, yang dapat memacu adrenalin anda. Area kolam bagi orang dewasa juga tersedia di sini, dengan ketinggian setinggi dada orang dewasa.
Area waterpark di sini cukup luas, anak-anak dan orang dewasa dapat bermain dengan leluasa. Jumlah area permainannya pun cukup banyak dan memadai. Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saat mengunjungi Taman Mora Indah. Tiket tersebut akan mengalami kenaikan saat liburan atau hari-hari besar. Taman ini buka pada pukul 10 siang hingga pukul 6 sore.

25. Tempat Liburan Hairos Water Park Medan

Tempat Liburan Hairos Water Park Medan
Selain taman mora indah, hairos waterpakr juga menjadi tempat liburan yang asyik bersama orang tercinta.
Waterpark ini berada di jalan Letjend Djamin Ginting Km 14,5 Medan ini ber – lokasi tidak jauh dari pusat Kota Medan, wahana ini mulai buka mulai dari 10.00 WIB, biasnaya langsung diserbu pengunjung daari medan dan daerah lainnya,
Ada banyak wahana disini, seperti bom bom car, happy dragon, mini flight, kuda pusing, video game, yang dilengkapi dengan café untuk bersantai. Ada juga kebun binatang, perahu sampan, motor ATV, kincir angin, kiddy pool (kolam anak), kolam ombak, kolam arus, air terjun, dan waterboom setinggi 30 meter dengan tiga jalur.
Untuk masuk kita harus membayar Rp 50.000 per – orang saat hari libur dan Rp 35 ribu per- orang saat  hari biasa. Untuk anak berusia tiga tahun ke bawah tidak dikenakan biaya.
Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kursi refleksi yang terdapat di pintu masuk water park. Untuk fasilitas ini pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu per – 15 menit. Pengunjung pun akan mendapatkan souvenir berupa stiker ketika keluar.

 Itulah 25 wisata yang ada di medan yang bisa anda refrensikan untuk berlibur
dengan keluarga
,Artikel ini saya kutip dari wisatamedan.com semoga bermanfaat by Ghadin Inton



Share:

1 komentar:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/mencicipi-memek-basah-wanita-lain-saat.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/pamukkale-terasiring-kolam-hangat-untuk.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/baku-tembak-dengan-begal-aipda-dwi.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.