Thursday, April 14, 2016

Cara mudah Membuat Postingan Dengan Artikel Gambar Dan video


cara mudah membuat postingan di blogger(blogspot)-  Pada tutorial kemarin Lantera Hati~Ghadin Inton Sudah berbagi mengupas cara mudah membuat blog/website di blogger(blogspot), dan setelah kita sudah membangun atau membuat website tentu harus kita isi dengan posting-posting yang menarik karna ibarat sebuah rumah bila tidak ada isi tentu rumah tersebut sia sia bukan , nah begitu pula dengan blog kita kita harus mengisinya dengan postingan, karna postingan itulah yang membuat sebuah blog menjadi website yang sebenarnya, nah untuk itu kali ini lantera hati~ghadin inton akan membahas cara membuat postingan dengan artikel berupa tulisan gambar dan video. Sebenarnya ini cukup mudah dilakukan, karena pihak blogger sudah menyiapkan fungsi editor dalam dasbor yang cukup lengkap. Untuk membuat posting blog, kita bisa membuat postingan dalam bentuk tulisangambar ataupun video. Kita juga bisa menulis artikel dalam metode COMPOSE dan juga HTML. Fungsi editor pun juga cukup beragam mulai dari pemilihan font, ukuran font, bold, italic, underline, metode rata kanan, kiri, tenganv, link, pewarnaan text, background text, dll.
Tetapi bagi bloggervpemula tentu tuyorial ini si perlukan untuk pencerahan.

Dalam membuat posting / artikel ada lagi yang harus kita perhatikan yaitu :

  • Judul : Usahakan judul posting memuat kata kunci / inti pembahasan dalam uraian posting. Salah satunya, ini berfungsi agar mudah ditemukan oleh mesin pencari (google / yahoo / bing / dll).


  • Label : Kelompokkan postingan sobat dengan label, label ini mempunyai banyak fungsi di antaranya adalah untuk mengkategorikan suatu posting berdasarkan kelompok yang telah ditentukan sebelumnya, label juga bisa diartikan sebagai kategori. Penggunaan label ini juga berfungsi untuk mengelompokkan posting blog agar terlihat teratur dan rapi dan Ini juga memudahkan pengunjung blog untuk mencari posting terkait dalam satu label di blog sobat.

  • Tautan Permanen / Permalink ; Ini berfungsi membuat link permanen untuk artikel blog. Url yang panjang secara otomatis akan terpotong jika tidak kita beri permalink. Caranya, cukup tuliskan kembali judul blog kedalam kotak permalik, jangan gunakan spasi, tapi simbol - untuk memberi jarak kata perkata. Untuk judul posting yang pendek tidak perlu menggunakan permalink.

BERIKUT CARA MEMBUAT POSTING TULISAN DI BLOG

Cara membuat postingan bisa dari berbagai macam cara. Pertama, buatlah posting tentang apa saja yang sobat ketahui, misalnya sobat ahli tentang suatu bidang dan sobat ingin membahasnya di blog, silahkan ketik apa yang ada dalam fikiran sobat dan tentu sangat mudah karna tanpa harus melihat tulisan / sumber dari orang lain.

Kedua, Jika sobat ingin membuat artikel tapi tidak tidak mempunyai bahan sendiri, maka bisa dengan melihat tulisan orang lain. Tapi Jangan terpaku pada satu tulisan saja, ambil beberapa sumber pada poin pentingnya dan kembangkan menggunakan gaya bahasa pembahasan sobat sendiri. Itu jauh lebih baik dari pada COPY PASTE tulisan orang lain.

MEMBUAT POSTING DENGAN ARTIKEL / TULISAN

1. Buka DASBOR BLOGGER - Klik ENTRI BARU

2. Tulis ARTIKEL ANDA, jangan lupa beri JUDUL, LABEL, dan PERMALINK

3. Setelah selesai klik PUBLIKASIKAN.

MENAMBAH POSTING DENGAN VIDEO

Membuat posting bisa juga dengan mengupload video dari PC, ataupun mengambil video dari situs Youtube. Caranya pun cukup mudah, 

1. Masuk ke DASBOR Blogger sobat, - ENTRI BARU - dan klik INSERT VIDEO

2. Pada menu UPLOAD klik PILIH VIDEO UNTUK DI UNGGAH.

3. Cari dari PC Anda video yang ingin diupload - kemudian klik UNGGAH.

4. Tunggu prosesnya sampai selesai. Dan video siap untuk dipublikasikan.

MENAMBAH POSTING DENGAN GAMBAR

Di dalam postingan artikel sobat ,sobat juga bisa memasukkan gambar / foto kedalam posting blog, silahkan simak caranya sebagai berikut:

1. Sebelumnya, persiapkan gambar yang akan dimasukkan ke dalam blog. Masuk ke Dasbor Blogger - dan klik ENTRI BARU untuk membuat posting.


2. Pilih menu INSERT IMAGE - kemudian UPLOAD dan PILIH FILE dari PC, gambar mana yang akan diunggah. Kita dapat mengupload beberapa file gambar sekaligus.

3. Klik OPEN dan tunggu proses pengunggahan. Klik pada gambar - kemudian klik ADD SELECTED. 

Setelah post dipublikasikan, maka gambar akan muncul di dalam postingan. 

Nah Demikianlah tips cara membuat posting di Blog menggunakan artikel, video, maupun gambar. Ingat jika sobat mengetahui atau mahir dalam suatu hal,  bagikan pengetahuan sobat melalui salah satunya membuat sebuah blog  siapa tahu tulisan yang sobat buat akan bermanfaat bagi orang lain. Sekecil atau sesimpel apapun informasi yang kita bagikan, siapa tau bermanfaat bagi orang lain.
Oke terimakasih atas kunjungan anda dan baca juga cara membuat cantik dan keren tampilan sebuah blog.
Salam happy blogging
By Ghadin Inton
Share:

0 komentar:

Post a Comment

jadwal-sholat
TULIS PESAN DAN KESAN MU..... . Powered by Blogger.